• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fatar@iainmadura.ac.id

Hukum Ekonomi Syariah

Institut Agama Islam Negeri Madura

Peningkatan Ekonomi Kreatif Di Masa Pandemi Covid- 19 Berbasis Ekonomi Kerakyatan







Pelaksanaan pengandian kepada masyarakat sebagai elemen Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan wujud nyata dalam memberikan kontribusi lngsung melalui pelatihan kepda masyarkat berupa ilmu yang dapat digunaan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.


Pada hari Rabu, tepatnya tanggal 09 Desember 2020, kami tim Pengambdian Kepada Masyarakat Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Madura telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Yayasan Al-Falah 12 Bangkes Kadur Pamekasan. Dengan tema“Peningkatan Ekonomi Kreatif Di Masa Pandemi Covid- 19  Berbasis Ekonomi Kerakyatan” kegiatan berlagsung mulai pukul  12.30 WIB hingga pukul  16.00.


Dengan adanya pendampingan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh program studi Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Madura yang dikemas dengan praktik membuat kue yang pimpin oleh juri masak ibu H. Faizatul Musyarofah pemilik katring Tiga Putri pamekasan. Beliau sudah sangat ahli dalam bidang masak baik makanan berat maupun kue untuk suguhan.


Dalam praktik masak tersebut masyarakat dikenalkan dengan cara membuat kue Rollfrosh dan Kelepon Katela dengan kelengkapan resep juga yang dipaparkan oleh pemateri, praktik ini sangat diminati oleh masayarakat karena masyarakat yang diundang merupakan ibu rumah tangga yang juga pembuat kue. Namun, kue-kue yang dibuat masih sangat tradisional dengan demikian, adanya praktik ini sangat bermanfaat kapada para peserta.


Antusias masyarakat terhadap praktik masak kue ini diharapkan juga memberikan dampak positif terhadap-nya. Bagi para ibu rumah tangga yang telah biasa menjual kue diharapkan adanya menu baru dari praktik tersebut sedangkan untuk ibu rumah tangga yang belum berwirausaha diaharapakan termotivasi untuk mengembangkan ekonomi dengan wirausaha yang berbasis kerakyatan.


Selain dua kue yang dibuat oleh pemateri masyarakat juga sangat antusia dalam menanyakan resep-resep kue lain seperti Brownis, Kue Lapis Lembut, Lemper dengan varian rasa dan beberapa kue lainnya. Hal ini akan memberikan banyak peluang bagi para ibu untuk membangkitkan perekonomian saat pandemic ini dengan berkembanganya wirausaha para ibu rumah tangga.


Kegitan ini bertujuan untuk memberi penguatan ekonomi kreatif berbasis ekonomi kerakyatan pada  masyarakat, mengingat pada saat pandemic covid-19 masyarakat dihasruskan untuk stay dirumah dan dibolehkan keluar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Keadaan ini menghambat perekonomian masyarakat, karena dengan terbatasnya gerak masyarakat mengakibatkan perputaran ekonomi tidak maksimal. Sehingga keadaan masyarakat sangat tidak maksimal dalam melaksanakan prekonomian. Dengan demikian peningkatan ekonomi dengan cara wirausaha menjadi salah satu pilihan pengembangan ekonomi yang sangat tepat saat pandemic covid-19.



 

Hasil polling sementara

Bagaimana penapat anda tentang web Prodi Hukum Ekonomi Syariah?

Sangat Baik
58.3 %
Baik
29.2 %
Cukup
4.2 %
Kurang
8.3 %
Pilih polling sekarang

Agu222019

Studium General Semester Gasal 2016/2017

08.00 - 11.00 WIB

Auditorium STAIN Pamekasan

  • Selasa, 14 Maret 2017
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Hukum Agraria
    Download
  • Selasa, 14 Maret 2017
    Oleh : Dra. Hj. Siti Musawwamah, M.Hum
    Hukum Perkawinan I
    Download
Karakteristik Penyelesaian Sengketa Perbankan Syari’ah Pada Peradilan Agama Oleh: Dr. Erie Hariyanto, S.H., M.H (Dosen AHS Jurusan Syariah STAIN Pamekasan)
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits Hits
Hari Ini 591
Kemarin 1040
Bulan Ini 20753
Tahun Ini 131426
Total 578967