• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : fatar@iainmadura.ac.id

Hukum Ekonomi Syariah

Institut Agama Islam Negeri Madura

Kuliah Tamu HES “Urgensi Pembentukan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah”







Pada hari Senin, 19 Oktober 2020, Program Studi Hukum ekonmi Syariah IAIN Madura bertekad dalam mensinergikan teori dan praktek dengan metode pembelajaran langsung dengan para pakar dan praktisi di bidangnya. Dengan demikian, Program Studi Hukum Ekonmi Syariah mengadakan kegiatan Kuliah Tamu dengan tema “Urgensi Pembentukan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah” Senin, 19 Oktober 2020. Dengan narasumber Bapak Irfan Fahmi, SHI., Sh., MH., CM.  dari Ahli Mediasi Syari’ah Indonesia.sebelum narasumber utama, ada didahului materi pengantar oleh wakil dekan II Fakultas Syariah Ibu Dr. umi Supraptiningsih, M.Hum, Beliau juga salah satu anggota Ahli Mediasi Syariah Indonesia.


Kegiatan Kuliah Tamu diadakan secara daring via live zoom dan youtube yang diikuti oleh kurang lebih 250 peserta mahasiswa dari prodi Hukum Ekonomi Syariah dan prodi lainnya. Tujuan utama kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan terkait penyelesaian sengketa ekonomi syariah.


Kegiatan ini diawali pembukaan  oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan ketua prodi hokum ekonomi syariah, Bapak H. Abd Wahed, M.HI. acara pembukaan diakhiri  dengn doa.  Kegiatan kuliah tamu dipimpin oleh moderator Muhammad Muzanni, SH. Acara berlangsung dengan lancar, dan antusias peserta sangat luar biasa terhadap pemamaparan materi yang disampaikan oleh  narasumber. Semangat peserta ini terbukti dengan banyaknya respon dari peserta berupa  pertanyaan-pertanyaan  yang perlu ditanggapai oleh naras umber.


Berdasarkan hasil kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa prodi hukum ekonomi syariah menjadi lebih paham dan cerdas bahwa  pembentukan lembaga alternatif penyelesaian sengketa ekonomi syariah penting. Pembelajaran terkait ini akan memberikan mindset kepada mahasiswa bahwa ahli mediasi syariah sangat diperlukan, dan perlunya membekali diri, menyiapkan diri dengan keilmuan yang mendukung untuk mengisi pelung –peluang tersebut.



 

Hasil polling sementara

Bagaimana penapat anda tentang web Prodi Hukum Ekonomi Syariah?

Sangat Baik
58.3 %
Baik
29.2 %
Cukup
4.2 %
Kurang
8.3 %
Pilih polling sekarang

Agu222019

Studium General Semester Gasal 2016/2017

08.00 - 11.00 WIB

Auditorium STAIN Pamekasan

  • Selasa, 14 Maret 2017
    Oleh : Dr. Umi Supraptiningsih, M.Hum
    Materi Kuliah Hukum Agraria
    Download
  • Selasa, 14 Maret 2017
    Oleh : Dra. Hj. Siti Musawwamah, M.Hum
    Hukum Perkawinan I
    Download
Karakteristik Penyelesaian Sengketa Perbankan Syari’ah Pada Peradilan Agama Oleh: Dr. Erie Hariyanto, S.H., M.H (Dosen AHS Jurusan Syariah STAIN Pamekasan)
Kewenangan Pengadilan Agama Dalam Mengadili Perkara Kewarisan Islam Berdasarkan Undang-Undang Peradilan Agama
FAWATIH AS-SUWAR: Seni Memulai Komunikasi Efektif dalam Alquran

Data Pengunjung

Online 0 Users
Total Hits Hits
Hari Ini 469
Kemarin 1040
Bulan Ini 20631
Tahun Ini 131304
Total 578845